4 Pembaharuan Facebook dan Instagram Reels yang Wajib Kamu Ketahui

Twibod.id - News Twibbon Indonesia/ Facebook dan Instagram terafiliasi pada perusahaan raksasa Meta. Meta menjadi perusahan dengan integrasi luas ke beberapa aplikasi populer saat ini. Termasuk diantaranya Whatsapp yang telah menjadi bagian Meta.


Pekan ini tepatnya 1 November kemarin, Meta menggelar acara Creator Week 2022 di Bali. Meta mengumumkan fitur-fitur terbaru pada facebook dan Instagram Reels. Update media sosial terbesar ini sebagai peningkatan pelayanan meta kepada user FB dan IG di dunia.  


Pada acara tersebut Meta juga menghadirkan kreator dari seluruh Asia-Pasifik untuk menghadiri berbagai kegiatan yang membantu mereka mengembangkan karir, terhubung dengan rekan kerja, dan membangun masa depan bersama



“Creator Week 2022 adalah ajang selebrasi bagi kreator-kreator dari seluruh Asia Pasifik yang menginspirasi gerakan baru dalam menciptakan konten online kreatif,” kata Revie Sylviana, Direktur Kemitraan Kreator untuk Meta di Indonesia dan Asia Tenggara.


Revie juga menambahkan, “Meta juga terus membantu para kreator untuk lebih mudah mengekspresikan berbagai ide kreatif dan segar melalui berbagai fitur terbaru yang disediakan di berbagai lini platform Meta.”


Yang pertama, pembaruan pada Instagram Reels

Sekarang kalian tidak perlu-repot untuk membagikan video ke facebook atau instagram Reels. Beberapa aplikasi besar telah diganden Meta sebagai patner sehingga memungkinkan sharing video dengan one click tanpa haru copy dan paste link. 


Seperti yang dikabarkan Meta aplikasi tersebut eperti Videoleap, Smule, VivaVideo dan masih banyak lainnya. Saat ini pengguna aplikasi tersebut akan dengan mudah membagikan vide ke Instagram Rells.


Kedua, pembaruan pada Facebook Reels

Fitur baru di Facebook Reels ini membantu kreator untuk semakin berinteraksi dengan penggemar, beberapa fitur baru yang dihadirkan adalah Facebook Reels Collabs (berkolaborasi dengan kreator lain dan menciptakan konten Reels bersama), Facebook Reels Explore (destinasi baru yang menampilkan konten-konten trending) dan Facebook Reactions di Reels ( cara baru untuk berinteraksi dengan konten).


Ketiga, fitur Anti-Bullying di Instagram

Instagram juga merilis fitur untuk mendukung keamanan dan kenyamanan kreator di platform. Fitur ini dihadirkan untuk melindungi kreator dan figur publik dari interaksi yang tidak diinginkan.


Beberapa diantaranya adalah pembaruan pada Multi-Blokir dimana kreator bisa memblokir akun yang akan dibuat oleh pihak terblokir sebelumnya. Ada fitur ‘Pengingat kebaikan’ berupa notifikasi yang muncul di DM Instagram untuk mengingatkan pengguna menyampaikan pesan dengan baik ke kreator.


Ada juga fitur ‘pengingat untuk membalas komentar’ sebagai pengingat untuk berinteraksi secara positif di dalam utas komentar yang memanas. Kemudian ada pembaruan pada Hidden Words dimana pesan ofensif yang dikirim lewat balasan Stories akan terfilter dan masuk ke Hidden Requests di DM. Instagram juga memperluas daftar kata untuk Hidden Words dari berbagai bahasa termasuk Bahasa Indonesia.


Meta juga menghadirkan pengaturan Default untuk akun kreator dimana Instagram mengatur Hidden Words untuk kolom komentar dan DM sebagai default akun kreator.


Keempat, Mode Profesional di Profil Facebook

Meta juga menghadirkan mode Profesional baru untuk Profil Facebook. Melalui Mode ini menawarkan alat dan fitur yang dirancang untuk mereka yang ingin memulai perjalanan mereka sebagai konten kreator dan membangun basis penggemar.


Melalui mode Profesional, kreator yang memenuhi syarat bisa menghasilkan uang melalui ekspansi Stars, iklan in-stream, Reels Play. Mereka juga juga dapat mengakses analitik, materi-materi edukasi dan masih banyak lagi.


Sementara itu, selama satu tahun terakhir, Meta terus meluncurkan berbagai inisiatif termasuk  Creators of Tomorrow dan beberapa inisiatif di Indonesia seperti #TawadiReels, #OlahragadiReels, dan #MenujuMetaverseCafe.


Dalam pernyataannya, Meta akan terus berkolaborasi dengan kreator untuk membantu mereka menumbuhkan audiens dan mengubah minat mereka menjadi sebuah profesi dan membawa berbagai macam kreator dari seluruh teknologi Meta.